• KETENTUAN UMUM

    KETENTUAN UMUM

    1. Sekolah  adalah  satuan  pendidikan  yang  meliputi  Sekolah  Menengah  Atas  Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN).
    2. Sekolah tujuan adalah sekolah yang menjadi sekolah pilihan calon peserta didik baru.
    3. Penerimaan  Peserta  Didik  Baru  (PPDB)  Online  adalah  sistem  penerimaan  peserta didik baru pada SMA Negeri dan SMK Negeri dengan proses entri memakai sistem database, seleksi dan hasil seleksi otomatis oleh komputer.
    4. Personal  Identification  Number (PIN)  adalah  token  yang  digunakan  sebagai password  oleh masing-masing calon  peserta  didik dalam penerimaan  peserta  didik baru.
    5. Situs PPDB adalah  websiteresmi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri dan SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta yang beralamatkan: http://ppdb.jogjaprov.go.id
    6. Nomor peserta Ujian Nasional (UN) adalah nomor bukti keikutsertaan peserta didik mengikuti  UN  SMP/bentuk  lain  yang  sederajat  berdasarkan  Daftar  Nominasi  Tetap (DNT);
    7. Sertifikat  Hasil  Ujian  Nasional  yang  selanjutnya  disingkat  SHUN  atau  Surat Keterangan  Hasil  Ujian  Nasional  yang  selanjutnya  disingkat  SKHUN  adalah  surat  keterangan  yang  berisi  nilai  ujian  nasional  sebagai  capaian  tingkat  standar kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu yang dinyatakan dalam kategori;
    8. Ijazah  atau  Surat  Tanda  Tamat  Belajar  (STTB)  atau  Surat  Keterangan  Yang Berpenghargaan  Sama  (SKYBS)  yang  selanjutnya  disebut  Ijazah/STTB/SKYBS adalah  surat  pernyataan  resmi  dan  sah  yang  menerangkan  bahwa  pemegangnya telah lulus/tamat belajar dari satuan pendidikan;
    9. Dinas  DIY   adalah  Dinas  yang  bertanggung  jawab  atas  penyelenggaraan  urusan pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta;
    10. Dinas Kabupaten/Kota adalah Dinas yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan urusan pendidikan di Kabupaten/Kota se- Daerah Istimewa Yogyakarta;
    11. Panitia  DIY  adalah  Panitia  PPBD  Dinas  Dikpora  DIY  yang  berkedudukan  di  Jalan Cendana Nomor 9 Yogyakarta;
    12. Panitia Sekolah adalah Panitia PPDB tingkat sekolah di SMA N/SMKN se-DIY.
  • PERSYARATAN PESERTA

    A.  SMA

    1. Memiliki ijazah/STTB/SKYBS SMP/bentuk lain yang sederajat.
    2. Memiliki SHUN/SKHUN SMP/bentuk lain yang sederajat.
    3. Berusia setinggi-tingginya 21 tahun pada awal tahun pelajaran 2017/2018.

    B.  SMK

    1. Memiliki ijazah/STTB/SKYBS SMP/bentuk lain yang sederajat.
    2. Memiliki SHUN/SKHUN SMP/bentuk lain yang sederajat.
    3. Berusia setinggi-tingginya 21 tahun pada awal tahun pelajaran 2017/2018.
    4. Memenuhi  syarat  sesuai  dengan  ketentuan  spesifik  program  keahlian/ kompetensi keahlian di sekolah yang dituju.
  • JALUR PENDAFTARAN

    1. JALUR REGULER
      • Sistem seleksi yang dipersiapkan secara terbuka untuk semua calon peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri dan SMK Negeri dilakukan secara online penuh.
    2. JALUR KELAS KHUSUS OLAHRAGA
      • Diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang memiliki minat/bakat di bidang olahraga atau memiliki prestasi kejuaraan di bidang olahraga dilakukan secara online terbatas hanya pada pengumuman hasil yang masuk secara terintegrasi dengan sistem online.
    3. JALUR SEKOLAH SENI
      • Diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang memiliki minat/bakat di bidang seni atau memiliki prestasi kejuaraan di bidang seni dilakukan secara online terbatas hanya pada pengumuman hasil yang masuk secara terintegrasi dengan sistem online.
  • CALON PESERTA DIDIK

    1. Calon Peserta Didik Dalam Daerah
      • Calon peserta didik dalam daerah adalah calon peserta didik lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dalam DIY dan/atau orang tuanya beralamat tempat tinggal di DIY.
    2. Calon Peserta Didik Luar Daerah
      • Calon peserta didik luar daerah adalah calon peserta didik lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dari luar DIY dan orang tuanya beralamat tempat tinggal di luar DIY.
  • PENAMBAHAN NILAI PRESTASI NON AKADEMIK

    Calon peserta didik yang memiliki Prestasi Non Akademik mendapat penambahan nilai yang diperhitungkan dalam seleksi PPDB dengan ketentuan sebagai berikut :

    1. Calon Peserta Didik yang memiliki prestasi di bidang olahraga/ seni/ sain/ penelitian/kreativitas dan minat mata pelajaran perorangan maupun beregu, diberikan penghargaan dalam bentuk penambahan nilai yang diperhitungkan dalam penentuan peringkat PPDB.
      • Prestasi non akademik pada minat mata pelajaran bersifat kompetitif yang diselenggarakan Instansi/Lembaga Pemerintah Pusat sesuai bidangnya :
        1. Tingkat Internasional:
          • Juara I diberi tambahan nilai 10
          • Juara II diberi tambahan nilai 9
          • Juara III diberi tambahan nilai 8
        2. Tingkat Nasional:
          • Juara I diberi tambahan nilai 7
          • Juara II diberi tambahan nilai 6
          • Juara III diberi tambahan nilai 5
      • Prestasi non akademik di bidang olahraga/ seni/ sain/ penelitian/kreativitas dan minat mata pelajaran perorangan maupun beregu yang diselenggarakan secara berjenjang dan dikoordinasikan oleh Dinas Kab/Kota, Dinas DIY, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan/atau Induk Organisasi Olahraga.
        1. Bersifat kompetitif
          • Tingkat Internasional:
            1. Juara I diberi tambahan nilai 20
            2. Juara II diberi tambahan nilai 19
            3. Juara III diberi tambahan nilai 18
          • Tingkat Nasional:
            1. Juara I diberi tambahan nilai 17
            2. Juara II diberi tambahan nilai 16
            3. Juara III diberi tambahan nilai 15
          • Tingkat Regional Wilayah:
            1. Juara I diberi tambahan nilai 14
            2. Juara II diberi tambahan nilai 13
            3. Juara III diberi tambahan nilai 12
          • Tingkat DIY:
            1. Juara I diberi tambahan nilai 11
            2. Juara II diberi tambahan nilai 10
            3. Juara III diberi tambahan nilai 9
          • Tingkat Kabupaten/Kota:
            1. Juara I diberi tambahan nilai 8
            2. Juara II diberi tambahan nilai 7
            3. Juara III diberi tambahan nilai 6
        2. Bersifat Nonkompetitif
          • Olahraga
            1. Mewakili Negara untuk mengikuti kejuaraan/lomba resmi Tingkat Internasional diberi tambahan nilai 8,
            2. Pemusatan Latihan Olahraga Nasional (Pelatnas) diberi tambahan nilai 6,
            3. Pemusatan Latihan Olahraga Daerah (Pelatda) tingkat DIY diberi tambahan nilai 4
          • Seni, Sain, Penelitian, Kreativitas dan minat Mata Pelajaran, Calon peserta didik yang mewakili Negara pada kejuaraan/ lomba Tingkat Internasional diberi tambahan nilai 8.
      • Pemberlakuan Penambahan Nilai Prestasi Non Akademik
        1. Penambahan nilai bagi calon peserta didik lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dari dalam DIY berlaku untuk prestasi minimal Juara Tingkat Kabupaten/Kota.
        2. Penambahan nilai bagi calon peserta didik lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dari luar DIY berlaku untuk prestasi minimal Juara Tingkat Nasional.
      • Proses penambahan nilai Prestasi Non Akademik
        1. Calon pendaftar meminta legalisasi foto copy sertifikat/surat keterangan kejuaraan/penghargaan (dengan membawa aslinya) ke:
          1. Untuk prestasi tingkat kabupaten/kota
            • Calon pendaftar meminta legalisasi sertifikat/surat keterangan kejuaraan/penghargaan ke Dinas Kabupaten/Kota atau Induk Organisasi Olahraga Kabupaten/Kota yang menerbitkan sertifikat/ surat keterangan kejuaraan/penghargaan.
          2. Untuk prestasi/penghargaan tingkat DIY/Nasional/Internasional
            • Calon pendaftar meminta legalisasi sertifikat/surat keterangan kejuaraan/penghargaan ke Dinas DIY atau Induk Organisasi Olahraga Tingkat DIY.
        2. Dengan membawa fotocopy sertifikat/surat keterangan kejuaraan/ penghargaan yang telah dilegalisir calon pendaftar meminta Surat Keterangan penambahan nilai ke Panitia DIY di Dinas Dikpora DIY Jalan Cendana 9 Yogyakarta
  • PENAMBAHAN NILAI PENGHARGAAN DAERAH SETEMPAT

    Calon peserta didik lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dalam DIY dan/atau orang tua beralamat tempat tinggal di DIY (dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga) yang mendaftar di SMAN/SMKN mendapat penambahan nilai penghargaan daerah setempat sebagai berikut:

    1. Mendaftar dalam satu Kabupaten/Kota mendapat tambahan nilai 20;
    2. Mendaftar di luar Kabupaten/Kota mendapat tambahan nilai 10.
  • AKSES BAGI PENDAFTAR DARI KELUARGA EKONOMI TIDAK MAMPU

    1. Setiap sekolah (SMAN dan SMKN) wajib menerima sebanyak 20 % (dua puluh persen) dari jumlah daya tampung peserta didik baru terhadap pendaftar dari keluarga ekonomi tidak mampu yang berdomisili dalam wilayah DIY dengan seleksi khusus/tersendiri;
    2. Pendaftar dari keluarga ekonomi tidak mampu yang berdomisili dalam wilayah DIY yang tidak masuk dalam hasil seleksi khusus/tersendiri sebanyak 20 %, dapat diterima sepanjang masuk dalam passing grade nilai pendaftar yang diterima secara keseluruhan di sekolah pilihan;
    3. Kesempatan pendaftar dari keluarga ekonomi tidak mampu yang berdomisili dalam wilayah DIY sebanyak 20 % yang tidak terisi penuh, dapat diisi pendaftar umum sepanjang masuk dalam passing grade nilai pendaftar yang diterima secara keseluruhan di sekolah pilihan;
    4. Kondisi keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau bukti lainnya dari pemerintah daerah;
    5. Apabila peserta didik memperoleh SKTM dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan perolehannya, dikenakan sanksi pengeluaran dari sekolah.
  • PEMILIHAN SEKOLAH TUJUAN

    1. SMA Negeri
      • Pendaftar dapat melakukan pilihan maksimal 3 (tiga) sekolah
      • Pendaftar dapat melakukan perubahan pilihan sekolah sampai hari kedua pendaftaran jam 24.00 WIB.
      • Perubahan pilihan sekolah sebagaimana butir b) hanya berlaku pada pilihan ke 2 dan 3.
      • Pilihan ke 1, 2 dan 3 hanya berlaku pada kabupaten/kota yang sama.
    2. SMK Negeri
      • Pendaftar dapat melakukan pilihan maksimal 2 (dua) kompetensi keahlian, bisa dalam 1(satu) sekolah atau 2 (dua) sekolah dan bisa dalam Kabupaten/Kota yang sama atau berbeda.
      • Pendaftar dapat melakukan perubahan pilihan sekolah/kompetensi keahlian sampai hari kedua pendaftaran jam 24.00 WIB.
      • Perubahan pilihan sekolah/kompetensi keahlian sebagaimana butir b) hanya berlaku pada pilihan ke 2.
  • PROSES PENDAFTARAN

    Proses Pendaftaran di SMA Negeri

    1. Pendaftar lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dalam DIY. Sebelum pelaksanaan pendaftaran PPDB online dimulai, pendaftar :
    2. Melakukan verifikasi berkas untuk pengambilan PIN/TOKEN di salah satu SMAN pilihan dengan menyerahkan:
      • SHUN/SKHUN asli;
      • Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir dengan menunjukkan aslinya;
      • Foto copy KTP orang tua dan Kartu Keluarga sesuai data orang tua yang tercantum di Ijazah dengan menunjukkan aslinya;
    3. Menerima lembar cetak akun berupa PIN/TOKEN dari Panitia Sekolah.
    4. Melakukan aktivasi PIN/TOKEN melalui situs PPDB Online dengan alamat http://ppdb. jogjaprov.go.id dengan memasukkan nomor peserta UN dan nomor PIN/TOKEN yang tertera pada lembar cetak akun untuk membuat password;
      • Melakukan pendaftaran online dengan cara:
      • Membuka situs PPDB Online DIY dengan alamat http://ppdb. iogjaprov.go. id;
      • Melakukan “Login” menggunakan akun (nomor Ujian Nasional) dan password yang telah dibuat sebelumnya.
      • Mengisi formulir Pendaftaran Online.
      • Mencetak “Tanda Bukti Pendaftaran Online” yang memuat nomor pendaftaran.
    5. Pendaftar lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dari luar DIY.Sebelum pelaksanaan pendaftaran PPDB Online dimulai, pendaftar :
      • Melakukan verifikasi berkas untuk pengambilan PIN/TOKEN di Balai Dikmen Kabupaten/Kota, sesuai dengan lokasi sekolah pilihan I dengan alamat :
      • Balai Dikmen Kota Yogyakarta : Jalan Sisingamangaraja Nomor 21 Yogyakarta;
      • Balai Dikmen Kabupaten Bantul : Jalan RA Kartini Nomor 38, Trirenggo, Bantul;
      • Balai Dikmen Kabupaten Kulon Progo : Jalan Bhayangkara Wates, Kulon Progo;
      • Balai Dikmen Kabupaten Gunungkidul : Jalan Pemuda Nomor 32, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul;
      • Balai Dikmen Kabupaten Sleman : Komplek Youth Center (Wisma Persatuan Lantai 2) Jalan Kebonagung, Bolawen, Tlogoadi, Mlati, Sleman.

    dengan menyerahkan:

    • SHUN/SKHUN asli;
    • Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir dengan menunjukkan aslinya;
    • Surat Keterangan penambahan nilai prestasi (asli) dilampiri foto copy sertifikat/surat penghargaan prestasi yang telah dilegalisir (apabila memiliki prestasi kejuaraan minimal tingkat nasional);
    • Foto copy KTP orang tua dan Kartu Keluarga sesuai dengan data orang tua yang tercantum di Ijazah dengan menunjukkan aslinya (khusus bagi pendaftar yang orang tuanya beralamat tempat tinggal di DIY).
    • Menyerahkan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sekolah asal;
    • Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit/ Laboratorium Kesehatan.
    • Menerima lembar cetak akun berupa PIN/TOKEN.
    • Melakukan aktivasi PIN/TOKEN melalui situs PPDB Online dengan alamat http://ppdb. jogjaprov. go.id dengan memasukkan nomor peserta UN dan nomor PIN/TOKEN yang tertera pada lembar cetak akun untuk membuat password;
    1. Melakukan pendaftaran online dengan cara:
      • Membuka situs PPDB Online DIY dengan alamat http://ppdb. iogjaprov.go. id;
      • Melakukan “Login” menggunakan akun (nomor Ujian Nasional) dan password yang telah dibuat sebelumnya.
      • Mengisi formulir Pendaftaran Online.
      • Mencetak “Tanda Bukti Pendaftaran Online” yang memuat nomor pendaftaran.

    Proses Pendaftaran di SMK Negeri

    1. Pendaftar lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat dalam DIY. Pendaftar melakukan Pengajuan Pendaftaran Online dengan cara :
      • Menentukan sekolah beserta kompentensi keahlian pilihan I dan II melalui website: http://ppdb.iogjaprov.go.id;
      • Melakukan cetak Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran Online dan ditandatangani oleh calon peserta didik dan orang tua/wali;
      • Mengikuti tes khusus kejuruan untuk pilihan I dan II di sekolah pilihan I;
      • Melakukan verifikasi pendaftaran di sekolah pilihan I dengan menyerahkan :
      • SHUN/SKHUN asli;
      • Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir dengan menunjukkan aslinya;
      • Foto copy KTP orang tua dan Kartu Keluarga sesuai dengan data orang tua yang tercantum di Ijazah dengan menunjukkan aslinya;
      • Surat Keterangan lulus tes khusus kejuruan pilihan I dan II;
      • Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran Online;
      • Menerima dan menandatangani hasil cetak Tanda Bukti Pendaftaran dari Operator Sekolah pilihan I setelah melakukan verifikasi data online sebagai syarat sah dokumen pendaftaran.
    2. Pendaftar lulusan SMP/bentuk lain yang sederajat luar DIY. Pendaftar melakukan Pengajuan Pendaftaran Online dengan cara :
      • Menentukan sekolah beserta kompentensi keahlian pilihan I dan II melalui website : http://ppdb.jogjaprov.go.id;
      • Melakukan cetak Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran Online dan ditandatangani oleh calon peserta didik dan orang tua/wali;
      • Mengikuti tes khusus kejuruan untuk pilihan I dan II di sekolah pilihan I;
      • Melakukan verifikasi pendaftaran di sekolah pilihan I dengan menyerahkan :
      • SHUN/SKHUN asli;
      • Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir dengan menunjukkan aslinya;
      • Foto copy KTP orang tua dan Kartu Keluarga sesuai data orang tua yang tercantum di Ijazah dengan menunjukkan aslinya (khusus bagi pendaftar yang orang tuanya beralamat tempat tinggal di DIY);
      • Surat Keterangan lulus tes khusus kejuruan pilihan I dan II;
      • Surat Keterangan penambahan prestasi (asli) dilampiri foto copy sertifikat/surat penghargaan prestasi yang telah dilegalisir (apabila memiliki prestasi kejuaraan nimimal tingkat nasional);
      • Menyerahkan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sekolah asal;
      • Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit/ Laboratorium Kesehatan.
      • Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran Online;
    3. Menerima dan menandatangani hasil cetak Tanda Bukti Pendaftaran dari Operator Sekolah pilihan I setelah melakukan verifikasi data online sebagai syarat sah dokumen pendaftaran.
  • JADWAL PELAKSANAAN

    SMA NEGERI

    No Kegiatan Tanggal Keterangan
    1
    1. Pengurusan penambahan nilai prestasi non akademik (bagi yang memiliki)
    2. Penyampaian SKTM/ bukti dari keluarga tidak mampu (khusus penduduk DIY yang memiliki)
    19-22 Juni dan

    29-30 Juni 2017

    Tempat :

    Dinas Dikpora DIY Jalan Cendana 9 Yk

    2 Verifikasi berkas dan

    pengambilan

    PIN/TOKEN

    29-30 Juni dan

    1-6 Juli 2017

    • Lulusan dlm DIY :

    di salah satu SMAN pilihan

    • Lulusan Luar DIY :

    di Balai Dikmen

    Kab/Kota sesuai

    lokasi SMAN pilihan I

    3 Pendaftaran 5 s.d. 7 Juli 2017 Hari terakhir sampai dengan Jam 24.00
    4 Seleksi 5 s.d. 7 Juli 2017
    5 Pengumuman 8 Juli 2017 Jam 10.00
    6 Daftar Ulang 8 , 10, 11 Juli 2017 Sampai dengan Jam 14.00

     

    SMK Negeri

    No Kegiatan Tanggal Keterangan
    1
    1. Pengurusan penambahan nilai prestasi non akademik (bagi yang memiliki)
    2. Penyampaian SKTM/ bukti dari keluarga tidak mampu (khusus penduduk DIY yang memiliki)
    19-22 Juni dan

    29-30 Juni 2017

    Tempat :

    Dinas Dikpora DIY Jalan Cendana 9 Yk

    2 Pengajuan

    Pendaftaran

    Online

    19-30 Juni dan

    1-6 Juli 2017

    3 Tes khusus kejuruan 3-6 Juli 2017 Di Sekolah pilihan I s.d jam 14.00
    4 Verifikasi berkas pendaftaran 5 s.d. 7 Juli 2017 Di sekolah pilihan I
    5 Seleksi 5 s.d. 7 Juli 2017
    6 Pengumuman 8 Juli 2017 Jam 10.00
    7 Daftar Ulang 8 , 10, 11 Juli 2017 Sampai dengan Jam 14.00

     

     

  • TATA CARA SELEKSI

    1. Langkah I
      • Seleksi Khusus/Tersendiri bagi Pendaftar dari Keluarga Ekonomi Tidak Mampu dengan rumus :
      • Nilai Akhir Seleksi SMAN/SMKN (untuk pendaftar dari keluarga ekonomi tidak mampu sebanyak 20 % dari jumlah daya tampung siswa baru )    : Jumlah Nilai SHUN/SKHUN + Nilai Prestasi Non
      • Akademik + Nilai Penghargaan Daerah Setepat.
    2. Langkah II
      • Seleksi keseluruhan pendaftar untuk memenuhi kebutuhan daya tampung peserta didik baru sekolah yang bersangkutan dengan rumus :
      • Nilai Akhir Seleksi SMAN/SMKN dengan rumus = Jumlah Nilai SHUN/SKHUN + Nilai Prestasi Non Akademik + Nilai Penghargaan Daerah Setempat.
    3. Ketentuan apabila terdapat kesamaan Nilai Akhir Seleksi. Jika ada calon peserta didik yang memiliki Nilai Akhir Seleksi yang sama, maka penentuan urutan nilai seleksi diatur sebagai berikut:
      • Skala prioritas pilihan
      • Diprioritaskan pendaftar lebih awal.
  • DAYA TAMPUNG SEKOLAH

    1. Daya tampung peserta didik baru setiap sekolah Jalur Reguler Sistem Online sebagaimana pada Daftar Daya Tampung Sekolah (terlampir);
    2. PPDB Sekolah Jalur Reguler menyediakan akses pendaftaran bagi anak berkebutuhan khusus maksimal 4 siswa setiap kelas yang pendaftarannya tidak dengan sistem online dan pelaksanaannya diserahkan kepada sekolah dengan seleksi tersendiri khusus bagi pendaftar anak berkebutuhan khusus.
  • JALUR KELAS KHUSUS OLAHRAGA

    Daftar Sekolah yang membuka Jalur Kelas Khusus Olahraga dan Daya Tampung Peserta Didik Baru Kelas I:

    No Nama Sekolah Jumlah Rombel

    Kelas I

    Daya Tampung

    Peserta Didik Baru

    Kelas I

    1 SMAN 4 Yogyakarta 1 36
    2 SMAN 1 Sewon, Bantul 2 64
    3 SMAN 1 Pengasih, KP 1 32
    4 SMAN 1 Lendah, KP 1 32
    5 SMAN 1 Tanjungsari,GK 3 80
    6 SMAN 2 Playen, GK 1 30
    7 SMAN 1 Seyegan, Sleman 1 36
    8 SMAN 2 Ngaglik,Sleman 1 36
    1. Cara Pendaftaran.
      • Proses pendaftaran dilaksanakan secara langsung di sekolah yang menjadi pilihan.
      • Syarat Pendaftaran Pendaftar menyerahkan :
      • SHUN/SKHUN asli; atau Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Nasional
      • Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir dengan menunjukkan aslinya (bagi yang sudah memiliki);
      • Sertifikat/Surat Keterangan asli kejuaraan/pengharagaan bidang olahraga sesuai Cabor dan foto copy yang telah dilegalisir (apabila memiliki)
      • Foto copy KTP orang tua dan Kartu Keluarga sesuai data orang tua yang tercantum di Ijazah/STTB/SKYBS dengan menunjukkan aslinya;
      • Pas foto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar.
    2. Tata Cara Seleksi
      • Seleksi dilaksanakan sebelum pendaftaran jalur reguler.
      • Seleksi mempertimbangkan: nilai ujian nasional, tes bakat olahraga, nilai prestasi non akademik bidang olahraga dan nilai penghargaan daerah setempat.
      • Nilai Akhir Seleksi Kelas Khusus Olahraga : Rerata Nilai SHUN/SKHUN (bobot 40%) + Nilai Tes Bakat OR (bobot 60%) + Nilai Prestasi Non Akademik di bidang Olahraga sesuai Cabor yang dipilih + Nilai Penghargaan Daerah Setempat.
      • Ketentuan tambahan nilai prestasi non akademik seperti pada butir III C petunjuk teknis ini.
      • Ketentuan tambahan nilai penghargaan daerah setempat seperti pada butir III D petunjuk teknis ini.
      • Calon peserta didik yang telah diterima pada jalur Kelas Khusus Olahraga tidak dapat mengikuti PPDB jalur reguler.
      • Calon peserta didik yang tidak diterima pada jalur Kelas Khusus Olahraga dapat mengikuti PPDB jalur reguler.
    3. Waktu Pelaksanaan
      • 1 Pendaftaran 8 s.d 10 Mei 2017
        2 Tes Bakat Olahraga 12 s.d 15 Mei 2017
        3 Penyerahan Keterangan Lulus 5 s.d 7 Juni 2017
        4 Seleksi 8 s.d 9 Juni 2017
        5 Pengumuman 10 Juni 2017
        6 Daftar Ulang 12 s.d 14 Juni 2017

         

    4. Pengumuman penerimaan peserta didik baru Jalur Kelas Khusus Olahraga dilakukan di Sekolah maupun dilakukan secara online di website http://ppdb.jogjaprov.go.id;
  • JALUR KELAS KHUSUS SENI

    Daftar Sekolah yang membuka Jalur Kelas Khusus Olahraga dan Daya Tampung Peserta Didik Baru Kelas I:

    No Nama Sekolah Jumlah Rombel

    Kelas I

    Daya Tampung

    Peserta Didik Baru

    Kelas I

    1 SMKN 1 Kasihan 12 384
    2 SMKN 2 Kasihan 6 160
    3 SMKN 3 Kasihan 12 384
    1. Cara Pendaftaran.
      • Proses pendaftaran dilaksanakan secara langsung di sekolah yang menjadi pilihan.
    2. Syarat Pendaftaran Pendaftar menyerahkan :
      • SHUN/SKHUN asli; atau Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Nasional
      • Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir dengan menunjukkan aslinya (bagi yang sudah memiliki);
      • Surat Keterangan Kesehatan dari dokter
      • Surat Keterangan Bebas Narkoba
      • Surat Keterangan tidak buta warna (khusus Seni Rupa)
      • Pas foto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar)
    3. Tata Cara Seleksi
      • Seleksi dilaksanakan sebelum pendaftaran jalur reguler.
      • Seleksi mempertimbangkan: nilai ujian nasional, tes minat, bakat dan prestasi seni.
      • Nilai Akhir Seleksi Sekolah Seni : Rerata Nilai SHUN/SKHUN (bobot 40%) + Nilai Tes Minat, Bakat dan Prestasi Seni (bobot 60%).
      • Calon peserta didik yang telah diterima pada jalur Sekolah Seni tidak dapat mengikuti PPDB jalur reguler.
      • Calon peserta didik yang tidak diterima pada jalur Sekolah Seni dapat mengikuti PPDB jalur reguler.
    4. Waktu Pelaksanaan
      • 1 Pendaftaran 8 s.d 13 Mei 2017
        2 Tes Minat, Bakat, dan Prestasi 6 s.d. 8 Juni 2017
        3 Penyerahan Keterangan Lulus 6 s.d. 8 Juni 2017
        4 Seleksi 9 Juni 2017
        5 Pengumuman 10 Juni 2017
        6 Daftar Ulang 12 s.d 14 Juni 2017

         

    5. Pengumuman penerimaan peserta didik baru Jalur Kelas Khusus Olahraga dilakukan di Sekolah maupun dilakukan secara online di website http://ppdb.jogjaprov.go.id
      ;
  • BIAYA

    Untuk pelaksanaan PPDB Online sekolah dilarang memungut biaya PPDB kepada calon Peserta Didik Baru, kecuali pada PPDB Jalur Kelas Khusus Olahraga dan Jalur Sekolah Seni untuk biaya tes bakat olahraga atau tes bakat seni.

  • LAIN LAIN

    Setiap pendaftar PPDB yang meminta kembali SHUN/SKHUN yang asli sebelum pengumuman, maka dianggap mengundurkan diri.

MAU DAFTAR KLIK DISINI